Kesehatan

5 Obat Alami untuk Meredakan Sakit Kepala

Sobat Jejak, apakah kalian sering mengalami sakit kepala? Artikel kali ini adalah tentang 5 obat alami untuk meredakan sakit kepala.

Sakit kepala bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, kelelahan, dehidrasi, atau gangguan kesehatan tertentu. Sakit kepala bisa sangat mengganggu aktivitas dan kenyamanan kita sehari-hari.

Untuk mengatasi sakit kepala, banyak orang yang langsung mengonsumsi obat-obatan medis yang dijual bebas, seperti paracetamol atau ibuprofen. Namun, tahukah kalian bahwa ada juga obat alami untuk meredakan sakit kepala yang bisa kita temukan di sekitar kita? Obat alami ini tidak hanya aman dan mudah didapatkan, tetapi juga efektif untuk mengurangi rasa nyeri dan memberikan efek relaksasi.

Berikut ini adalah beberapa obat alami untuk meredakan sakit kepala yang bisa kalian coba:

5 Obat Alami untuk Meredakan Sakit Kepala

1. Jahe

Jahe adalah bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah mengatasi sakit kepala tegang dan migrain. Beberapa studi menyebutkan bahwa jahe memiliki khasiat yang sebanding dengan sumatriptan, salah satu jenis obat sakit kepala migrain.

Cara mengonsumsi jahe sebagai obat alami untuk meredakan sakit kepala adalah dengan membuat minuman teh jahe. Caranya, rebus beberapa iris jahe segar dalam air mendidih selama 10-15 menit, lalu saring dan tambahkan madu atau gula sesuai selera. Minum teh jahe hangat saat kalian merasakan sakit kepala.

2. Kafein

Kafein yang terkandung dalam minuman kopi dan teh juga dapat dikonsumsi sebagai obat alami untuk meringankan sakit kepala. Kafein dapat membantu menyempitkan pembuluh darah yang melebar di otak dan mengurangi peradangan1.

Meski begitu, pastikan untuk mengonsumsi kafein dalam batas normal, yaitu tidak lebih dari 400 mg per hari atau sekitar 4 cangkir kopi. Jika kebanyakan, justru dapat menyebabkan sakit kepala. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi kafein dan langsung berhenti mengonsumsinya juga bisa memicu gejala putus zat kafein, lalu menyebabkan sakit kepala.

3. Pepermin

Pepermin memiliki bahan aktif, yaitu mentol, yang dipercaya dapat meredakan sakit kepala. Mentol dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit.

Kalian bisa mendapatkan manfaat pepermin dengan berbagai cara. Ada yang dimanfaatkan sebagai minuman teh atau ada pula yang berbentuk minyak oles untuk dibalurkan pada kulit. Untuk membuat teh pepermin, rebus beberapa daun pepermin segar atau kering dalam air mendidih selama 10 menit, lalu saring dan tambahkan madu atau gula sesuai selera. Minum teh pepermin hangat saat kalian merasakan sakit kepala.

Untuk menggunakan minyak pepermin sebagai obat alami untuk meredakan sakit kepala, oleskan beberapa tetes minyak pepermin pada dahi atau sekitar pelipis. Pijat lembut dengan gerakan melingkar selama beberapa menit.

Related Post

4. Teh Herbal

Teh herbal yang terdiri dari berbagai macam jenis tumbuhan sudah digunakan sejak dahulu untuk mengatasi beberapa keluhan, termasuk sakit kepala. Beberapa macam teh herbal juga dapat memberikan efek relaksasi dan membuat tidur lebih nyenyak.

Beberapa jenis teh herbal yang dipercaya bisa mengatasi pusing atau sakit kepala secara alami adalah teh chamomile, teh jahe, teh lavender, dan teh bunga krisan

Cara membuat teh herbal adalah dengan merebus beberapa gram bahan herbal dalam air mendidih selama 10-15 menit, lalu saring dan tambahkan madu atau gula sesuai selera. Minum teh herbal hangat saat kalian merasakan sakit kepala.

5. Susu Almond

Susu almond dipercaya sebagai obat sakit kepala alami karena mengandung magnesium dan berbagai mineral lainnya. Magnesium dapat membantu mengendurkan otot dan pembuluh darah yang tegang di kepala.

Selain itu, susu almond juga mengandung salisin yang dapat diubah menjadi asam salisilat dan dianggap mampu meredakan sakit kepala2. Asam salisilat adalah bahan aktif yang terdapat dalam aspirin, salah satu obat sakit kepala yang umum digunakan3.

Kalian bisa mengonsumsi susu almond secara rutin untuk mencegah dan mengobati sakit kepala. Jika kalian tidak suka susu almond, kalian bisa menggantinya dengan kacang almond yang juga mengandung magnesium dan salisin.

Sobat Jejak, itulah 5 obat alami untuk meredakan sakit kepala yang bisa kalian coba di rumah. Selain itu, kalian juga perlu menjaga pola hidup sehat, seperti tidur cukup, olahraga teratur, makan bergizi seimbang, dan minum air putih yang cukup. 

Jika sakit kepala tidak kunjung sembuh atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Mungkin Sobat Jejak tertarik juga untuk membaca:

6 Langkah Sederhana Melindungi Diri dari Ancaman Rabies

Referensi: 

  • https://www.alodokter.com/obat-sakit-kepala-alami-dan-penanganan-sederhana-di-rumah
  • https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/obat-sakit-kepala-alami/
  • https://www.orami.co.id/magazine/obat-sakit-kepala-alami/
  • https://hellosehat.com/saraf/sakit-kepala/obat-sakit-kepala/
Share

Recent Posts

Panduan Lengkap Memilih Laptop sesuai Kebutuhan

Laptop adalah salah satu alat yang sangat berguna untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari, baik untuk…

3 bulan ago

Cara Sehat Mengonsumsi Gula untuk Mencegah Penyakit

Gula adalah salah satu jenis karbohidrat yang sering digunakan dalam makanan dan minuman untuk memberikan…

3 bulan ago

Makanan Pembuka dan Makanan Penutup: Apa Fungsinya?

Makanan pembuka dan makanan penutup adalah dua jenis makanan yang sering disajikan sebelum dan sesudah…

4 bulan ago

7 Tips Perawatan Motor Sebelum Mudik Lebaran yang Tidak Boleh Diabaikan

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri biasanya menjadi momen mudik yang ditunggu-tunggu oleh para perantau.…

4 bulan ago

Google: 25 Tahun Menjawab Rasa Penasaran Kita

Google, mesin pencari terbesar di dunia, merayakan ulang tahunnya yang ke-25 pada 27 September 2023.…

7 bulan ago

Cara Mengecek dan Menghapus Broken Link pada Blog

Broken link adalah sebuah link pada halaman blog atau website yang tidak berfungsi atau mengarah…

7 bulan ago