7 Tips Perawatan Motor Sebelum Mudik Lebaran yang Tidak Boleh Diabaikan

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri biasanya menjadi momen mudik yang ditunggu-tunggu oleh para perantau. Selain menggunakan mobil pribadi dan kendaraan umum, tak jarang para pemudik juga menggunakan motor ketika mudik. Adapun tujuannya di antaranya adalah untuk menghemat biaya dan kemudahan dalam mobilitas kendaraan, baik di jalan maupun di kampong halaman.

Nah, bagi Anda yang berencana mudik lebaran ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan motor, maka tidak ada salahnya untuk melakukan 7 Tips Perawatan Motor Sebelum Mudik Lebaran yang Tidak Boleh Diabaikan berikut.


Tips Perawatan Motor Sebelum Mudik Lebaran

1. Periksa Kondisi Ban Motor

Ban motor memegang peranan penting dalam menjaga keamanan, kelancaran, dan kenyamanan perjalanan saat mudik lebaran. Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksa kondisi ban motor terlebih dahulu sebelum mudik lebaran. Cek apakah ada bagian yang retak, sobek, menipis, atau bergelombang pada ban motor Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengecek apakah tekanan udara di dalam ban dalam kondisi normal.
Apabila Anda menemukan bagian ban motor yang bermasalah atau perlu diganti, maka jangan ragu untuk segera menggantinya dengan ban baru. Penggantian ban motor bisa Anda lakukan di Planet Ban. Selain menyediakan berbagai merek dan ukuran ban motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Planet Ban juga melayani konsultasi gratis mengenai segala hal yang berkaitan dengan motor kesayangan Anda.

2. Periksa Kondisi Rem

Bagian dari motor yang tidak kalah penting untuk diperiksa sebelum mudik lebaran adalah rem. Rem berguna untuk menjaga keamanan selama dalam perjalanan. Oleh karena itu, kondisi rem harus diperiksa terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa kondisinya dalam keadaan baik dan siap untuk melakukan perjalanan. Ganti kampas rem apabila kondisi rem sudah terlalu dalam saat tuas ditekan atau diinjak.
Anda bisa memeriksa tanda aus pada rem secara manual dengan menggunakan indikator penunjuk yang terdapat di setiap dinding tromol. Ganti bagian kampas tromol (brake shoe), apabila dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada. Penggantian kampas rem yang sudah tidak layak sangat penting dilakukan, untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik lebaran.

3. Periksa Kondisi Oli Mesin

Selanjutnya, bagian motor yang harus Anda periksa sebelum mudik lebaran adalah kondisi oli mesin. Ganti oli lama dengan oli baru dan pastikan olinya cukup untuk jarak perjalanan yang jauh. Periksa pula apakah sudah terdapat kandungan ester di dalam oli mesin motor Anda. Kandungan ester di dalam oli berguna untuk menjaga agar suhu mesin motor Anda tetap stabil meskipun melakukan perjalanan jauh.
Anda bisa mendapatkan oli dengan kandungan ester dengan harga terjangkau di Planet Ban. Planet Ban menyediakan Oli X-Ten, yaitu oli eksklusif yang memiliki kandungan ester yang bisa menjaga kondisi mesin motor Anda tetap stabil meski digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer.

Related Post

4. Periksa Aki

Aki motor berguna untuk menjaga daya listrik sepeda motor. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa dan memastikan kondisinya dalam keadaan baik sebelum melakukan perjalanan jauh mudik lebaran. Periksa apakah ada bagian aki yang bocor, berkarat, basah, atau rusak. Segera ganti aki motor Anda apabila kondisinya memang perlu diganti.

5. Periksa Sistem Pendingin

Jangan lupa untuk memeriksa sistem pendingin pada motor Anda sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran. Sebab, sistem pendingin yang bermasalah dapat menyebabkan terjadinya overheat pada mesin motor. Pastikan terdapat air pendingin (coolant) yang cukup di dalam indicator, sehingga temperatur mesin motor Anda dapat terjaga dengan optimal.

6. Periksa Busi

Memeriksa busi motor sebelum mudik lebaran juga merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Bersihkan busi apabila dalam kondisi kotor dan segera ganti apabila sudah aus. Sebab, kondisi busi yang tidak baik dapat mengganggu proses pemanasan pada sepeda motor Anda.

7. Periksa CVT dan Rantai

Sebelum mudik lebaran, Anda juga perlu memeriksa komponen CVT untuk motor matic dan rantai pada sepeda motor jenis moped/bebek dan sport. Fungsi sistem penggerak ini adalah melakukan transfer tenaga pada sepeda motor ke roda. Kinerja tenaga yang dihasilkan oleh mesin motor akan terhambat apabila kondisi CVT atau rantai motor berfungsi dengan sempurna. Oleh karena itu, ada baiknya Anda juga melakukan servis komponen CVT maupun rantai sepeda motor sebelum melakukan perjalanan jauh mudik lebaran. Servis motor bisa Anda lakukan di Planet Ban, yang memberikan pelayanan lengkap bagi motor Anda, mulai dari pemeriksaan ban, oli, aki, rem, dan mesin.

Share

Recent Posts

Panduan Lengkap Memilih Laptop sesuai Kebutuhan

Laptop adalah salah satu alat yang sangat berguna untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari, baik untuk…

3 bulan ago

Cara Sehat Mengonsumsi Gula untuk Mencegah Penyakit

Gula adalah salah satu jenis karbohidrat yang sering digunakan dalam makanan dan minuman untuk memberikan…

3 bulan ago

Makanan Pembuka dan Makanan Penutup: Apa Fungsinya?

Makanan pembuka dan makanan penutup adalah dua jenis makanan yang sering disajikan sebelum dan sesudah…

4 bulan ago

Google: 25 Tahun Menjawab Rasa Penasaran Kita

Google, mesin pencari terbesar di dunia, merayakan ulang tahunnya yang ke-25 pada 27 September 2023.…

7 bulan ago

Cara Mengecek dan Menghapus Broken Link pada Blog

Broken link adalah sebuah link pada halaman blog atau website yang tidak berfungsi atau mengarah…

7 bulan ago

Tips Sederhana Menghindari Nyeri Punggung

Nyeri punggung atau sakit pinggang dapat dialami oleh siapa saja, baik lansia maupun orang muda.…

7 bulan ago